Pengumuman

Warga Lansia di Muna Barat Dapat Bantuan

Warga lanjut usia (lansia) juga tentunya tetap memiliki kebutuhan. Kebutuhan tersebut pastinya cukup membebani ekonomi keluarga bagi warga yang masih memiliki sanak famili lansia di rumahnya. Tak terkecuali di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara.

Meski jumlahnya dianggap tak seberapa, hadirnya program bantuan untuk lansia dari Kementerian Sosial melalui Dinsos Muna Barat ini diharapkan dapat ikut membantu pemenuhan kebutuhan para lansia.

Kepala Dinas Sosial Muna Barat, La Ode Takari, mengungkapkan bantuan jenis ini di wilayahnya diserahkan kepada 53 orang lansia.

“Harus diakui jumlah ini memang tidak mencukupi, tetapi pemerintah telah memberikan perhatian kepada mereka (lansia),” terangnya keoada GateNews, Rabu (4/9/2019).

Para Lansia yang berusia di atas 60 tahun menerima dana bersumber dari APBN sebesar Rp 1,2 juta untuk enam bulan terhitung sejak Januari 2019.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Dinsos Muna Barat, Nurtin mengungkapkan bantuan tersebut langsung masuk ke rekening setiap penerima tanpa ada potongan.

Pihak Dinsos Muna Barat bekerja sama dengan BNI Cabang Raha sebagai penyalur bantuan tersebut.

Bantuan ini juga berlaku seumur hidup, tetapi akan dilakukan pergantian jika ada penerima yang meninggal dunia.

Sebelumnya, pihak Dinsos Mubar mengusulkan sebanyak 5.134 orang lansia untuk mendapatkan bantuan yang bersumber dari anggaran pemerintah pusat ini. Namun setelah diverifikasi pihak Kementrian Sosial RI yang tersisa 65 orang. Jumlah ini diprediksi akan bertambah pada 2020 mendatang.

“Seharusnya yang akan menerima sebanyak 65 orang, tetapi 11 orang masuk kategori susulan sedangkan 1 orang meninggal dunia, jadi hanya 53 orang saja yang terima,” terang Nurtin.

Kriteria penerima bantuan program ini harus masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT). Selain itu, faktor usia di atas 60 tahun serta tidak produktif lagi.

Share

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on email
Share on print